Erijanto: Produk Lokal Mulai Diterima dengan Baik

28 Mar 2016

Tak sedikit merek lokal yang berguguran. Tapi begitu banyak juga merek asli Indonesia yang bisa diterima dengan baik bahkan menjadi “penguasa di negeri sendiri”. Inaco adalah salah satu merek yang berhasil mengambil hati konsumen Indonesia.

Ketika ditemui dalam seminar menyambut Hari Marketing Indonesia (Hamari) di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Sales & Marketing Director PT Niramas Utama (Inaco) Erijanto mengatakan, saat ini konsumen Indonesia sudah mulai menerima produk asli Indonesia karena mutu dan kualitasnya yang sudah baik.

“Kami adalah merek lokal yang sudah ada sejak 25 tahun lalu. Produk kami seperti Nata De Coco dan Jelly adalah produk yang dikembangkan dari bahan-bahan berkualitas asli Indonesia,” kata Erijanto percaya diri.

Menurutnya, masyarakat Indonesia memang harus bisa menerima dan mencintai produk-produk dalam negeri. Bagusnya, saat ini produk dalam negeri sudah mulai diterima dengan baik.

Hal itu tak lepas dari peran para pemilik merek yang terus memperbaiki diri sehingga mutu dan kualitas produknya sudah bisa bersaing di pasar dalam negeri bahkan luar negeri.

"Dari awal (25 tahun lalu) kami selalu berkomitmen untuk selalu membuat produk bermutu tinggi karena kami memilih bahan baku terbaik, "lanjut Erijanto.

Lebih lanjut Erijanto mengatakan, secara marketing banyak sekali perubahan yang telah dilakukan Inaco di era digital ini. Pasalnya, informasi sekarang ini menyebar begitu cepat lewat media sosial. Mau tak mau Inaco harus hadir di sana karena itu merupakan kesempatan yang baik untuk menjangkau konsumen secara pribadi dengan lebih cepat.

"Sejak 2 tahun lalu kegiatan marketing kami telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Saat ini bujet marketing yang kami salurkan ke digital masih 30% dari total bujet marketing yang dianggarkan. Namun, ke depannya tidak menutup kemungkinan bisa 50:50," jelas Erijanto.

Erijanto berharap tahun ini penjualannya bisa tumbuh di atas 20% di pasar dalam negeri. Rencananya, Inaco akan bergabung dengan merek-merek lainnya merayakan Hari Marketing Indonesia pada 1 April mendatang.